Edutrip

Artikel History Tour (Perjalanan Mencari Rempah)

Museum Bank Indonesia

Indera Robby Ramdhani (Warga Percobaan)

Museum Bank Indonesia merupakan salah satu museum yang ada di Indonesia dan merupakan satu dari beberapa museum yang terbesar yang ada di negara ini. Museum Bank Indonesia berada di Kawasan Kota Tua, Jakarta Utara DKI Jakarta (disamping Museum Bank Mandiri). Museum Bank Indonesia menempati bangunan yang berusia tua dan memiliki sejarah panjang dalam dunia perbankan di Indonesia, museum ini dulunya merupakan sebuah rumah sakit Binnen Hospitaal, lalu kemudian digunakan oleh De Javanesche Bank (DJB) pada tahun 1828.

Bangunan Museum Bank Indonesia diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Yaitu Dr.H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 21 Juli 2009. Museum Bank Indonesia ini berfungsi sebagai lembaga untuk mengumpulkan,menyimpan,merawat dan memanfaatkan berbagai artefak dan benda-benda yang berkaitan dengan perjalanan Sejarah umum Bangsa Indonesia sendiri dan Sejarah dari bank Indonesia.

Salah satu objek yang ada di museum Bank Indonesia adalah Sejarah Perjalanan Mencari Rempah, Objek ini menarik bagi saya dan saya memilih objek ini untuk dijadikan sebagai laporan yakni bertujuan untuk menambah pegetahuan dan wawasan sejarah. Rempah-rempah sejak zaman dahulu merupakan suatu komponen yang dicari-cari oleh seluruh masyarakat yang ada di dunia terutama masyarakat Eropa, mengapa masyrakat eropa banyak menjual dan mencari rempah-rempah? Karena berkaitan dengan daerah Eropa yang dingin dan membutuhkan bahan-bahan makanan atau minuman yang alami dari rempah-rempah yang didapatkan.

Tokoh pelopor penjelajahan samudra

Penjelajah samudra dari Portugis
1. Barholomeus Diaz Ia berangkat dari Portugis dan sampai di Afrika tepatnya di Tanjung harapan

  1. Vasco de gama Perjalanannya Vasco de gama berhasil mencapai India tepatnya di Calcutta. Di sana ia membeli rempah-rempah untuk dijual ke Portugis dan negara- Eropa lainnya.
  2. Alfonso de Albuquerque
    Ini adalah penjelajah Portugis yang berhasil mencapai wilayah Indonesia. Rombongannya masuk ke Indonesia melalui selat Malaka. Dari selat Malaka kemudian melanjutkan perjalanan ke timur hingga menemukan Maluku.

Penjelajah samudra dari Spanyol

  1. Christopher Columbus
    Dari Spanyol di pelopori oleh Columbus yang berhasil mencapai benua Amerika.
  2. Ferdinand Magellhaens
    Ferdinand Magellhaens berhasil mencapai Filipina. Sayangnya ia terbunuh di Filipina karena ada konflik dengan penduduk setempat. Perjalanan selanjutnya diteruskan oleh Sebastian dengan Cano. Ekspedisi uang di pimpin oleh Sebastian di Cano ini akhirnya sampai di Maluku. Rupanya saat di Maluku Spanyol terlibat konflik dengan Portugis yang terlebih dulu sampai di Maluku. Untuk  mengakhiri konflik tersebut maka dibuatlah sebuah perjanjian yang bernama perjanjian saragosa.

Isi perjanjian saragosa

  1. Portugis berkuasa di Maluku
  2. Spanyol berkuasa di Filipina

Penjelajah samudra dari Inggris
1. Cornelis dengan Houtman
Bangsa Belanda pertama kali datang ke Indonesia dipelopori oleh Cornelis dengan Houtman. Ia berhasil mencapai wilayah Banten. Sayangnya karena bersikap angkuh  saat di Banten ia di usir dan pulang ke Belanda dengan kegagalan.

2. Jacob Van neck
Kedatangan kedua Banga Belanda dipimpin oleh Jacob Van neck. Karena sikapnya yang pandai mengambil hati penguasa, maka ia pulang ke Belanda dengan membawa banyak rempah-rempah. Keberhasilan Jacob Van neck ini kemudian menginspirasi Banga Belanda lainnya untuk datang ke Indonesia. Karena semakin banyaknya pedagang Belanda yang datang ke Indonesia maka agar tidak timbul persaingan dagang sesama pedagang Belanda, di bentuklah VOC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *