Edutrip

Artikel History Tour Museum

Nama :       Adam Panca Putra Pinaria

Objek :       Prasasti Keindahan Gedung De Javanshe Bank

 

Bila kita melihat dengan detail objek-objek di gedung museum bank Indonesia. kita dapat menemukan sebuah prasasti yang disebut Prasasti Keindahan Gedung De Javanshe Bank. Prasasti Keindahan Gedung De Javanshe Bank diletakkan di lorong yang ada di lantai 2 Museum Bank Indonesia. Prasasti ini berupa batu yang terlihat seperti batu marmer berwarna merah muda ke abu-abuan. Batu tersebut memuat tulisan yang berbahasa Latin. Di samping batu prasasti tersebut, terdapat papan penjelasan mengenai Batu Prasasti yang berbtuliskan sebagai berikut.

 

Isi dari keterangan verbal berbahasa Indonesia itu, berbunyi:

 

“Di depan kita saat ini terdapat prasasti yang berwarna merah keabu-abuan dengantulisan yang berwarna emas. Prasasti ini dibuat pada saat dilakukan renovasi gedung De Javasche Bank pada tahun 1922. Tulisan di dalam prasasti ini menggunakan bahasa Latin, yang saat itu lazim digunakan sebagai bahasa ilmiah di Eropa. Tulisan yang ada di dalam prasasti adalah sebagai berikut:

 

SEDULLA PROPELLIT

COLUMENQUE PECUSQUE

MINISTRAT

ARGENT ARIA

DUX AR TIBUS

ATQUE COMES

Yang artinya:

“Bank yang aktif mendirikan tiang-tiang dan menjunjung seni hias menjadi pelopor dan pendukung kesenian”.

Berdasarkan arti tulisan itu dapat disimpulkan bahwa pada waktu itu, De Javanshe Bank sangat menjungjung tinggi keindahan dalam membangun gedung kantornya. Gedung yang dibangun  De Jvanshe Bank  pada waktu itu memang sangat menonjolkan kekayaan elemen dan ornamen dekoratif.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *