Banyak dari kita terutama kita para pelajar pernah melihat bahkan menggunakan LCD Proyektor untuk presentasi power point atau untuk sekedar menonton film bersama teman tetapi belum tahu cara atau memiliki kesulitan ketika menghubungkan proyektor ke laptop kita sendiri.

Namun jangan khawatir, karena setting penggunaan LCD Proyektor ini cukup mudah dan bisa kalian lakukan sendiri jika sudah paham. Kalian hanya perlu menyiapkan beberapa perangkat utama dan pendukung agar laptop kalian dapat terhubung ke LCD Proyektor.

Berikut ini adalah perangkat yang kalian butuhkan diantaranya:

  1. Laptop dengan koneksi VGA atau HDMI
  2. LCD Proyektor
  3. Kabel Power
  4. Kabel VGA atau kabel HDMI
  5. Kabel Terminal Listrik (opsional)
  6. Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor

 

Berikut ini adalah cara menghubungkan Laptop ke LCD Proyektor:

  1. Pertama, nyalakan dahulu laptop, pastikan memiliki baterai yang cukup
  2. Hubungkan Kabel Power dengan LCD Proyektor dan sumber listrik terdekat, lalu pencet tombol power pada LCD Proyektor.
  3. Arahkan cahaya proyeksi dari LCD Proyektor ke screen putih atau tembok dan atur zoom serta fokusnya.
  4. Selanjutnya hubungkan Laptop dengan LCD Proyektor dengan menggunakan kabel VGA atau kabel HDMI sesuai ketersediaan. Pastikan kalian memasang kabel pada lubang input di LCD Proyektor.
  5. Setelah Laptop dengan LCD Proyektor tersambung, biasanya proyektor akan secara otomatis mencari sumber gambar / video, baik dari VGA maupun HDMI.
  6. Jika belum juga muncul, pencet tombol Source pada LCD Proyektor atau remote untuk mencari sumber secara manual.
  7. Selamat kalian sudah siap menampilkan gambar dan video kalian melalui Proyektor.

 

 

Pilihan Proyeksi Gambar

Terdapat beberapa pilihan proyeksi gambar dari Proyektor setelah terhubung dengan Laptop Anda. Anda cukup memencet tombol keyboard dengan logo Windows dengan huruf P. Kemudian akan muncul beberapa pilihan, antara lain:

 

  1. Pilihan Proyeksi Gambar
  2. PC Screen Only, artinya Anda hanya akan menampilkan gambar di Laptop Anda sementara di LCD Proyektor tidak akan muncul gambar.
  3. Duplicate, artinya LCD Proyektor akan memunculkan gambar yang sama dengan tampilan pada Laptop Anda
  4. Extend, artinya Anda seolah-olah memiliki dua layar yang berbeda, yaitu layar Laptop (utama) dan tampilan dari LCD Proyektor. LCD Proyektor hanya akan menampilkan gambar atau video yang telah Anda tentukan. Caranya mudah, hanya dengan memindahkan atau drag gambar/video tersebut dari layar utama (laptop) ke tampilan LCD Proyektor.
  5. Second Screen Only, artinya tampilan gambar atau video hanya akan muncul pada proyeksi LCD Proyektor Anda. Layar laptop Anda biasanya akan berwarna gelap karena tidak menayangkan apapun.

 

Demikian penjelasan mengenai Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor dan pilihan proyektsi gambar yang dapat Anda atur sesuai kebutuhan presentasi Anda. Semoga bermanfaat untuk mendukung aktivitas presentasi Anda.

Categories: Warga Menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Warga Menulis

Sajili Berbagi Pengetahuan tentang Dampak Olahraga bagi Kesehatan Manusia

Nama : Sajili Nur Alm Angkatan : Ustman Bin Affan   Bila membicarakan kesehatan olahraga maka akan ada dua aspek yang dibahas. Pertama aspek kesehatan. Dan yang kedua aspek olahraga. Kemudian tentu saja hubungan antara Read more…

Warga Menulis

Bahaya Tidur di Pagi Hari

Nama : Ami Fahmi Aziz Angkatan : Utsman bin Affan   Tidur adalah salah satu aktivitas yang paling di butuhkan oleh kita sebagai manusia. Tapi kadang-kadang, banyak orang yang mengalami insomnia atau susah tidur. Nah Read more…

Warga Menulis

Budi Arif Berbagi Pengetahuan tentang Penyebab Dan Gejala Dehidrasi

Oleh: Budi M Arif Qirom Pengertian Dehidrasi Penyebab Dan Gejala   Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana kadar air dalam tubuh terlalu rendah. Hal ini dapat mengakibatkan berbagai efek minor dan mayor dalam tubuh dan dapat Read more…