Oleh: Kukuh Pambudi Santoso (Pemandat Biro Keislaman AMI-SG)

 

Jakarta – Asrama Mahasiswa Islam Sunan Giri (AMI-SG) telah mengadakan kegiatan Ceramah dan Pawai Obor dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1439 H yang jatuh pada tanggal 1 Muharam. Acara ini dilaksakan dalam 1 hari, sejak sore sampai malam.

 

Ceramah (21/09) bertempat di Mushala AMI-SG. Materi diisi oleh Ust. Ahmad Sayuti (Alumni AMI-SG) dengan tema Bersihkan Hati, Sucikan Hati, Tenangkan Jiwa. Ceramah ini dimoderatori oleh Abdul Rahman (FMIPA, UNJ 2015).

 

Ceramah ini berjalan dengan khidmat dan banyak warga AMI-SG yang mengikuti ceramah ini. Secara umum, isi materi yang disampaikan dalam ceramah ini adalah bagaimana kiat menenangkan hati. Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mengenai permasalahan permasalahan menahan nafsu. Tidak sampai di situ, saat adzan maghrib berkumandang, warga asrama menunaikan shalat maghrib berjamaah dan diakhiri dengan Tumpengan. Tumpengan dilakukan dalam memperingati Khatmil Qur’an yang dibuka oleh Ketua AMI-SG yaitu Ilham Pamungkas (FIS, UNJ 2013).

 

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Pawai Obor. Pawai Obor (21/09) bertempat di Lingkungan Rawangun. Setelah shalat isya berjamaah Warga AMI-SG dengan semangat langsung bersiap untuk mengikuti pawai obor dalam menyambut Tahun Baru Islam 1439 H, berkeliling di lingkungan Sunan Giri hingga Pemuda Rawamangun, dengan mengumandangkan Shalawat.

 

Peringatan Tahun Baru Islam 1439 H ini merupakan pertama kalinya diadakan di AMI-SG, meskipun masih banyak kekurangan dalam mempersiapkannya, tetapi kegiatan ini diharapkan selalu berjalan terus dari tahun ke tahun, karna kegiatan ini sangat baik. Selain itu kegiatan ini juga bisa menjadi pengingat serta memotivasi umat muslim untuk selalu mengupgrade diri untuk menjadi lebih baik lagi.

 

 

Categories: Keislaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Keislaman

ASG Mengajar Ngaji, Bukti Kontribusi untuk Umat

Sabtu (29/9), Indra Robi sangat bersemangat sekali dalam memberikan ilmu agama kepada anak-anak yang tinggal di lingkungan Sunan Giri. Ini merupakan program dari pengurus Asrama Sunan Giri yaitu ASG Mengajar Ngaji.

Keislaman

Pelatihan Khutbah Jumat Bertema “Kematian”

Pelatihan khutbah jumat kembali diadakan oleh Biro Syiar Keislaman pada hari senin 19 Februari 2018 setelah Shalat Isya bertempat di Musholla Asrama Sunan Giri. Pelatihan ini bertujuan untuk mewujudkan kader asrama yang siap untuk menjadi Read more…

Keislaman

[PRESS RELEASE] Idul Adha/Idul Qurban 1438 H

PERINGATAN HARI RAYA IDUL ADHA   Asrama Mahasiswa Islam Sunan Giri merupakan tempat perkaderan bagi para mahasiswa Islam. Mengkader para mahasiswa yang merupakan generasi penerus untuk menjadi pemimpin bangsa diharapkan dapat berperan aktif dalam lingkunan Read more…