Oleh: Kukuh Pambudi Santoso (Pemandat Biro Keislaman AMI-SG)

 

Jakarta – Asrama Mahasiswa Islam Sunan Giri (AMI-SG) telah mengadakan kegiatan Ceramah dan Pawai Obor dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1439 H yang jatuh pada tanggal 1 Muharam. Acara ini dilaksakan dalam 1 hari, sejak sore sampai malam.

 

Ceramah (21/09) bertempat di Mushala AMI-SG. Materi diisi oleh Ust. Ahmad Sayuti (Alumni AMI-SG) dengan tema Bersihkan Hati, Sucikan Hati, Tenangkan Jiwa. Ceramah ini dimoderatori oleh Abdul Rahman (FMIPA, UNJ 2015).

 

Ceramah ini berjalan dengan khidmat dan banyak warga AMI-SG yang mengikuti ceramah ini. Secara umum, isi materi yang disampaikan dalam ceramah ini adalah bagaimana kiat menenangkan hati. Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mengenai permasalahan permasalahan menahan nafsu. Tidak sampai di situ, saat adzan maghrib berkumandang, warga asrama menunaikan shalat maghrib berjamaah dan diakhiri dengan Tumpengan. Tumpengan dilakukan dalam memperingati Khatmil Qur’an yang dibuka oleh Ketua AMI-SG yaitu Ilham Pamungkas (FIS, UNJ 2013).

 

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Pawai Obor. Pawai Obor (21/09) bertempat di Lingkungan Rawangun. Setelah shalat isya berjamaah Warga AMI-SG dengan semangat langsung bersiap untuk mengikuti pawai obor dalam menyambut Tahun Baru Islam 1439 H, berkeliling di lingkungan Sunan Giri hingga Pemuda Rawamangun, dengan mengumandangkan Shalawat.

 

Peringatan Tahun Baru Islam 1439 H ini merupakan pertama kalinya diadakan di AMI-SG, meskipun masih banyak kekurangan dalam mempersiapkannya, tetapi kegiatan ini diharapkan selalu berjalan terus dari tahun ke tahun, karna kegiatan ini sangat baik. Selain itu kegiatan ini juga bisa menjadi pengingat serta memotivasi umat muslim untuk selalu mengupgrade diri untuk menjadi lebih baik lagi.

 

 

Categories: Keislaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Keislaman

Diskusi Ngabuburit

Pemateri : Moh. Wildan Habibi (Ketua BEM UNJ 2018) Minggu 02 Juni 2019 Biro Literasi dan Diskusi dan Biro Dakwah dan Keislaman Asrama Mahasiswa Islam Sunan Giri berkolaborasi selama bulan ramadhan dengan menyelenggarakan Program Kerja Read more…

Keislaman

Press Release Kegiatan Pelatihan Pengurusan Jenazah

Senin, 14 Oktober 2019 For Immmadiate Release Musala AMI-SG . kegiatan Pengurusan jenazah ini merupakan salah satu kegiatan wajib di adakan oleh biro bidaman selama 1 tahun kepengurusan. Kegiatan dilaksanankan di Musolla Asrama Sunan Giri. Read more…

Keislaman

Press Release Kegiatan Kultum Ba’da Isya

Minggu, 30 Juni 2019 For Immmadiate Release Musala AMI-SG . kegiatan Kultum merupakan salah satu kegiatan rutinan Warga Asrama Mahasiswa Islam Sunan Giri yang dilaksanankan di Musolla Asrama Sunan Giri. Tujuan di adakan kegiatan ini Read more…