PERINGATAN HARI RAYA IDUL ADHA

 

Asrama Mahasiswa Islam Sunan Giri merupakan tempat perkaderan bagi para mahasiswa Islam. Mengkader para mahasiswa yang merupakan generasi penerus untuk menjadi pemimpin bangsa diharapkan dapat berperan aktif dalam lingkunan masyarakat disekitarnya. Sebelum terlibat dalam masyarakat, mereka harus memliki bekal pengetahuan yang cukup agar bisa terlibat aktif dalam masyarakat disekitarnya.

Untuk itu, asrama memiliki program Idul Qurban. Kegiatan Idul Qurban merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan pada setiap tahunnya yang kegiatannya terdiri atas Sholat Idul Adha, pemotongan hewan qurban dan pendistribusian daging hewan qurban kepada masyarakat yang membutuhkan (mustahik). Semua kegiatan tersebut dipimpin oleh Nadi selaku pemandat Biro Keislaman. Shalat Idul Adha dilakukan pada Jumat, 1 September 2017 di Lapangan SMP Al-Azhar Rawamangun. Pemotongan dan pendistribusian hewan qurban di lakukan pada Sabtu, 2 September 2017 di Asrama Sunan Giri.

Pada kegiatan ini semua warga asrama yang tergabung dalam kepanitiaan membantu mempersiapkan pelaksanaan Idul qurban ini. Mulai dari pencarian, mencari donatur, mengirim proposal kepada instansi-instanri dan melakukan dana usaha. Semua usaha itu dilakukan oleh semua panitia Idul Qurban. Untuk mencari hewan qurban panitia menghubungi alumni yang akan berqurban di Asrama Mahasiswa Islam Sunan Giri.

Penyembelihan hewan qurban dilakukan oleh direktur Asrama dan beberapa panitia. Daging diolah oleh seluruh panitia dan dibantu oleh karyawan Asrama dan para alumni. Setelah semuanya selesai selanjutnya didistribusikan kepada warga yang sudah terdata oleh panitia. Kurang lebih terdapat 380 bungkus telah disalurkan kepada mustahik.

Kegiatan ini rutin dilakukan di Asrama guna melatih warga asrama terutama pemandat dalam manajemen organisasi dan juga menumbuhkan rasa peduli kepada masyarakat yang ada disekitarnya.

 

Categories: Keislaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Keislaman

ASG Mengajar Ngaji, Bukti Kontribusi untuk Umat

Sabtu (29/9), Indra Robi sangat bersemangat sekali dalam memberikan ilmu agama kepada anak-anak yang tinggal di lingkungan Sunan Giri. Ini merupakan program dari pengurus Asrama Sunan Giri yaitu ASG Mengajar Ngaji.

Keislaman

Pelatihan Khutbah Jumat Bertema “Kematian”

Pelatihan khutbah jumat kembali diadakan oleh Biro Syiar Keislaman pada hari senin 19 Februari 2018 setelah Shalat Isya bertempat di Musholla Asrama Sunan Giri. Pelatihan ini bertujuan untuk mewujudkan kader asrama yang siap untuk menjadi Read more…

Keislaman

[PRESS RELEASE] KEGIATAN HARI TAHUN BARU ISLAM

Oleh: Kukuh Pambudi Santoso (Pemandat Biro Keislaman AMI-SG)   Jakarta – Asrama Mahasiswa Islam Sunan Giri (AMI-SG) telah mengadakan kegiatan Ceramah dan Pawai Obor dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1439 H yang jatuh pada Read more…